Peluang Usaha Sampingan di Rumah dengan Modal Kecil

Oleh: Usaha di Rumah Jumat, 04 Januari 2013 0 komentar
Siapa sih yang tidak  kepingin punya usaha sendiri di rumah ? Saya sendiri walaupun sudah punya kerja di perusahaan orang lain, dan terima gaji tiap bulan, kayaknya penghasilan masih kurang terus. Itulah makanya, Saya sekarang lagi mencari usaha sampingan yang bisa dikerjakan sendiri di rumah, tentunya dengan modal yang sesuai dengan isi saku Saya. Modal kecil sebetulnya relatif dan itu tergantung orangnya. Jika seorang pengusaha kelas kakap, modal 100 juta bisa dikatakan kecil, karena mereka maennya trilyunan. Kalau menurut Saya sendiri, modal 1 juta bisa dikatakan besar, karena buat Saya, uang segitu cukup berharga. Bagi Anda mungkin uang segitu dianggap modal kecil  untuk memulai usaha sampingan di rumah.

Secara garis besar, Saya mengelompokan usaha di rumah menjadi 2 kelompok besar, yaitu usaha online alias bisnis online dan usaha offline. Ada banyak peluang usaha sampingan berbasis online yang bisa dikerjakan di rumah, malahan justru penghasilan dari usaha sampingan ini bisa  mengalahkan jumlah gaji  di kantor. Begitu juga usaha offline,  banyak karyawan yang memutuskan untuk keluar kerja gara-gara kepincut dengan penghasilan dari usaha sendiri alias wiraswasta.

Sedangkan berdasar jumlah modal yang diperlukan,  usaha  sampingan ini bisa diklasifikasikan menjadi 3 bagian. Ada usaha yang pakai modal minim (bukan gratis lho, karena tak ada usaha yang gak pakai modal), ada yang pakai modal menengah dan ada yang pakai modal gede. Berikut ini beberapa peluang usaha sampingan di rumah dengan  modal kecil, modal menengah dan modal besar, tergantung penilaian Anda.
  1. Bisnis Affiliasi. 
  2. Bisnis affiliasi adalah sejenis bisnis online yang membantu menjual produk orang lain namun tidak mensyaratkan orang yang ingin membantu menjual tersebut untuk terlebih dahulu membeli produknya, jadi prosedurnya dia tinggal mendaftar saja dan jika sudah mendapatkan link khusus, kita langsung bisa bantu menjual produk tersebut. Contoh situs yang menerapkan sistem ini adalah toko Amazon, dengan membantu menjual produk Amazon, kita akan mendapatkan komisi/persenan jika produk yang kita promosikan bila terjual.  Sedangkan contoh affiliasi lokal adalah : 
  3. Bisnis reseller.
  4. Berbeda dengan affiliasi maka bisnis reseller mensyaratkan kita harus membeli dulu produknya, baru bisa menjual produknya, contoh situs yang menerapkan sistem ini adalah :
  5. Dropship. 
  6. Dropship merupakan sejenis bisnis tanpa stok barang sendiri, dimana kita membantu menjualkan barang orang lain dengan persetujuan tertentu. Tugas dropshipper hanya memasarkan produk melalui blog/situs jejaring sosial sendiri, jika ada transaksi maka diteruskan oleh dropshipper ke supplier. Penentuan harga jual biasanya oleh dropshipper atau terkadang sudah ditentukan oleh supplier. Pengepakan dan pengiriman dilakukan oleh supplier.
  7. Menjual produk sendiri. 
  8. Jika Anda punya produk buatan sendiri yang bisa dijual, Anda bisa jual baik secara online maupun offline. Contoh usaha sampingan dengan menjual produk sendiri adalah jualan kue kering, jual es batu higienis, jual makanan kecil, jual gorengan, jual susu kedelai organik, jual tempe organik, jualan mainan edukasi anak, jualan voucher pulsa, buka usaha warung makan, jual alat tulis, jual sprei, jual tas unik, jual baju anak, jual aksesoris murah, jual kebutuhan pokok, jual tanaman hias, jual mukena/jibab, jualan jamu/herbal dan lainnya
  9. Menjual keahlian sendiri. 
  10. Jika Anda punya keahlian tertentu, skill kita ternyata bisa mendatangkan uang juga. Contoh usaha sampingan yang merupakan jual jasa seperti usaha jasa laundry kiloan, jasa katering, jasa les privat, jasa pengetikan, jasa foto kopi, jasa penitipan anak, jasa potong rambut, jasa salon atau spa, jasa desain taman, jasa rias pengantin, jasa persewaan alat pesta, jasa persewaan baju pengantin, jasa menjahit, jasa terapi pengobatan alternatif, jasa pembuatan website, jasa cetak sablon, jasa cuci helm dan lain sebagainya.
Silahkan tinggal pilih peluang usaha sampingan tersebut yang sesuai dengan kondisi modal, hobi dan lokasi Anda berada. Jika ada yang mau menambahkan atau sharing, silahkan di kotak komentar.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berbagi pengalaman/ilmu di sini.